ANGIN, Potensi Daerah Hadiah dari yang Kuasa

Jeneponto, daratan paling selatan dari pulau utama sulawesi selatan, bertatapan langsung dengan laut Flores. Berdasarkan data Dirjen Pembangunan daerah tertinggal (2017), Jeneponto memiliki luas daerah 74.979 ha. Bagian utara terdiri dari dataran tinggi dan bukit-bukit yang membentang dari barat ke timur dengan ketinggian 500 sampai dengan 1.400 meter di atas permukaan laut. Dibagian tengah meliputi wilayah dataran dengan ketinggian 100 sampai dengan 500 meter di atas permukaan laut, dan bagian selatan meliputi wilayah-wilayah dataran rendah dengan ketinggian 0-100 meter diatas permukaan laut.
Jeneponto adalah salah satudaerah dengan sumber daya angin terbaik di dunia. Tidak tanggung-tanggung “Terbaik Di Dunia”. Daerah pesisir pantai yang panjang dapat menghasilkan banyak angin yang tentunya dapat kita manfaatkan.  Energi angin ini tentunya dapat menjadi sumberdaya pembangkit listrik dengan memanfaatkan turbin dan kincir yang digerakkan oleh amgin. Potensi yang sangat luar biasa saya pikir, bayangkan saja kita tidak membutuhkan bahan bakar fosil atau batu bara kitamemanfaatka angin yang GRATIS  dan hanya dengan merawat turbin maka listrik dapat dihasilkan. Sebuah energi alternatif yang MURAH dan RAMAH LINGKUNGAN.
Sama halnya dengan PLTU yang telah beroperasi saat ini, pembangkit listrik tenaga angin jika saja sampai terealisasi maka akan dapat menyerap tenaga kerja.  Memperluas lapangan kerja sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Mengurangi pengeluaran dan menambah pendapatan daerah. Hal baik yang tidak boleh terlupakan adalah dapat menekan polusi udara karena sifatnya yang ramah lingkungan.
Di jeneponto dengan bentangan pantainya menjadi daerah yang sangat potensial untuk memanfaatkan potensi yang gratis dari alam terus menerus. Sayangnya pemanfaatan tenaga ini masih sangat minim karena masalah teknologi sehingga belum banyak negara yang memanfaatkan ini. Tapi saya pikir Indonesia termasuk Jeneponto bukanlah tanah yang tidak dipijak oleh orang-orang cerdas yang dapat memberi solusi dari masalah ini. Mulai memahami potensi daerah adalah hal awal yang dapat kita lakukan, kemudian mengabarkannya pada orang lain lewat kata dan tulisan adalah hal luar biasa yang dapat kita lakukan. Mari belajar dan berkarya agar pundak-pundak kita dapat  mengangkat nama Jeneponto, ia Jeneponto kita yang ditakdirkan Tuhan menjadi tanah leluhur kita.

Related product you might see:

Share this product :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. BIOpedia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger